MOST RECENT

|

Fraksi Golkar Minta Ombudsman Kerja Maksimal

VIVAnews - Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar, Chairuman Harahap, mengharapkan tindakan nyata dari sembilan komisioner Ombudsman yang baru sebagai wujud konkrit sosialisasi lembaga tersebut kepada masyarakat.


“Selama ini lembaga Ombudsman kurang memasyarakat. Publik belum mengetahui secara detail fungsi, peran, dan kewajiban Ombudsman. Mereka melihat bahwa lembaga ini layaknya lembaga yang turut menangani kasus–kasus korupsi, padahal kenyataannya tidak seperti itu," kata Chairuman di Jakarta, Jumat, 21 Januari 2011.


Ombudsman Republik Indonesia (ORI), lanjut Chairuman, adalah lembaga yang bertugas menangani berbagai macam keluhan masyarakat. ORI mengawasi lembaga pelayanan publik milik pemerintah, melakukan tindakan, pemeriksaan, dan selanjutnya memberikan rekomendasi atas pelanggaran yang dilakukan suatu instansi.


“Jika suatu instansi atau pejabat terkait tidak mematuhi rekomendasi yang telah diberikan oleh Ombudsman, maka instansi atau pejabat tersebut bisa dikenakan sanksi administratif."


Chairuman menambahkan perubahan paradigma juga menjadi perhatian utama Ombudsman saat ini. “Merubah pola pikir para pejabat pelayanan publik. Bagaimana mereka dapat melayani kepentingan publik dengan baik," ujarnya.


Disinggung tentang pemilihan anggota Ombudsman pada Rabu, 19 Januari 2011 lalu, Chairuman menganggap bahwa keputusan itulah yang terbaik dari Komisi II. Suara yang didapatkan masing–masing calon pun, katanya, berimbang.


Sebelumnya, empat lembaga swadaya masyarakat termasuk Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia dan Masyarakat Transparansi Indonesia mengharapkan Ombdusman dapat berperan secara efektif dalam menjalankan kerja-kerja pengawasan dan kontrol terhadap pelayanan publik. Kemudian, pada akhirnya akan memberikan dampak perbaikan kualitas pelayanan publik secara sistematik.


Ada lima pesan empat LSM ini. di antaranya, Ombudsman diminta konsolidasi internal untuk menyamakan visi dan misi dalam pengawasan pelayanan publik yang saat ini dalam kondisi sangat memprihatinkan. Berbagai persoalan besar telah menanti, seperti pelayanan parspor, Lembaga Pemasyarakatan dan juga SIM.


sumber : http://id.news.yahoo.com

Posted by Unknown on 06.32. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Fraksi Golkar Minta Ombudsman Kerja Maksimal"

Leave a reply

Arsip Blog

Recently Commented

Recently Added