MOST RECENT

|

Harga Ikan Laut di Mataram Naik

Harga Ikan Laut di Mataram Naik
Mataram (ANTARA) - Harga ikan laut di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat melonjak mencapai 50 hingga 100 persen karena terbatasnya stok nelayan tidak berani melaut akibat cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang tinggi akhir-akhir ini.


"Untung saja di Kota Mataram cukup banyak ikan air tawar, sehingga dapat menangatasi kekurangan ikan laut," kata Kepala Bidang Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram Lalu Alwan Basri di Mataram, Sabtu.


Ia mengatakan, yang naik adalah harga ikan laut misalnya ikan tonggkol dari hanya Rp5.000 per kg naik menjadi 10.000 per kg, kepiting dari Rp30.000 menjadi Rp45.000 per kg sementara harga ikan air tawar stabil berkisar antara Rp20.000 per kg hingga Rp22.000 per kg.


Dikatakannya, ikan jenis tertentu seperti ikan sulir, kakap dan baronang, tidak ada di pasar, karena tidak ada nelayan yang berani melaut selama cuaca buruk.


Sejumlah pedagang ikan menjual stok ikan yang ada di `coldstorage`, namun sekarang stok ikan tersebut sudah habis sehingga terpaksa mendatangkan ikan dari luar daerah seperti Bali dan Pulau Jawa.


Cuaca buruk yang melanda Kota Mataram menyebabkan nelayan tidak berani melaut. Angin kencang dan ombang tinggi ini diperkirakan berlangsung hingga awal Februari 2011.


Untuk membantu nelayan yang tidak melaut selama cuaca buruk Pemerintah Kota Mataram menyediakan sekitar 1.300 paket sembako untuk diberikan kepada nelayan disepanjang pantai Ampenan, seperti Pondok Perasi, Kampung Banjar, Gatep, Tanjung Karang dan Mapak.


Bantuan sembako tersebut masing-masing berisikan tiga kg beras, lima bungkus mi instan dan makanan ringan yang akan dibagikan selama tujuh minggu melalui kelurahan masing-masing.


Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram akan mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar dengan sistem keramba yang dipusatkan di Kelurahan Bertais, Cakranegara dengan memanfaatkan air yang cukup melimpah di wilayah tersebut.


Ikan keramba yang akan dibudidayakan antara lain ikan karper, nila dan ikan gurami yang dapat dipanen setiap empat bulan sejak mulai penaburan benih.


sumber : http://id.news.yahoo.com

Posted by Unknown on 16.12. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Harga Ikan Laut di Mataram Naik"

Leave a reply

Arsip Blog

Recently Commented

Recently Added